Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com – Pemkab Asahan melalui Dinas Koperasi dan Perdagangan kabupaten Asahan memperingati HUT Koperasi ke-72 tahun 2019 Tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di hotel Hotel Sabty Garden Kisaran, Selasa (08/10/ 2019).

Turut hadir dalam kegiatan itu FKPD  kabupaten Asahan,  Asisten II, Asisten III, OPD, Ketua TP PKK Kab. Asahan dan tamu undangan.

Kegiatan ini mengusung thema “ Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”
Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan, Kab Asahan Drs H Witoyo.MM dalam sambutannya mengatakan tujuan digelarnya kegiatan ini ada 5 diantaranya :
  1. Untuk menjalin silaturahmi diantara stakeholder Koperasi yang ada di kabupaten Asahan.
  2. Serta meningkatkan kerja sama antara Pemkab Asahan dengan gerakan koperasi yang ada di Kabupaten Asahan.
  3. Menggerakkan Koperasi yang ada di Kabupaten Asahan untuk dapat berdaya saing yang lebih konstruktif
  4. Menjadikan Kopeasi di Kabupaten Asahan berkwalitas dengan jumlah anggota yang lebih meningkat
  5. Sebagai wadah meningkatkan kapasitas Koperasi berbasis Koperasi yang sehat kuat dan mandiri.
Witoyo mengatakan dalam memperingati HUT Koperasi yang ke 72 pihaknya telah sebelumnya telah menggelar berbagai kegiatan diantaranya :
  1. Kegiatan penilaian kesehatan bagi KSP/USP, KJKS/UJKS dan KOPDIT untuk ditetapkan menjadi koperasi berprestasi tingkat kabupaten Asahan tahun 2019.
  2. Kegiatan lomba tangkas terampil Koperasi (LTTK), TK, SMA, SMK , MAN pesantren tahun 2019 dikabupaten Asahan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2019.
  3. Mengikuti kegiatan lomba tangkas terampil Koperasi (LTTK) TK, SMA,SMK,MAN pesantren tahun 2019 TK wilayah V (Tebing Tinggi, Batau Bara, sahan Tanjung Balai, Labura, Labusel, Labuhanbatu pada tanggal 20 Juli 2019 di Rantauprapat, Labuhanbatu.

“ Dari 422 Koperasi yang aktif yang ada didata Dinas Koperasi dan Perdagangan kabupaten Asahan telah melaksanakan penilaian Kesehatan kepada KSP/USP, KJKS/UJKS dan KOPDIT,” katanya.

Ia menyebutkan dari hasil penilaian itu ditetapkan Koeprasi berprestasi tingkat Kabupaten Asahan sebanyak 18 Koperasi yaitu : KUD Sri Murni, KUD Sumber Jaya, KUD Pelita, Primkoveri, Rimkopad Kodim 0208 Asahan, PEPABRI, KPRI Sederhana, KPRI Lestari, CU Harapan Jaya, CU April 78, KSU Kembang Jaya, Kopkar Tenere, Kopkar Kekar, Kopkar Persada, KJKS Mekar Sari, KJKS Sumber Barokah, KJKS Purna Bakti Citra.

Dari rangkaian HUT Koperasi ke 72 Kabupaten Asahan ini telah dilaksanakan Lomba Tangkas Terampil Koperasi (LTTK) untuk pelajar tingkat SMA,SMK, MAN pesantren se kabupaten Asahan dan telah ditetapkan pemenangnya adalah sebagai berikut :
  • Juara I diraih SMA Negeri 3 Kisaran
  • Juara II diraih SMA Negeri 1 Kisaran
  • Juara III diraih SMA Negeri 4 Kisaran
  • Juara Harapan I diraih SMA Negeri 2 Kisaran
  • Juara Harapan II diraih SMA Swasta Methodis Kisaran
  • Juara Harapan III diraih SMA Al Maksum Kisaran
“ Atas terlaksananya HUT Koperasi ke 72 marilah kita bersama-sama mewujudkan Koperasi sebagai Soko guru perekonomian bagi bangsa Dirgahayu dan Majulah koperasi Indonesia,” katanya.

Ketua Dekopinda Kabupaten Asahan Abdul Rahman SE, MSi, MPd dalam sambutannya mengatakan bahwa hari koperasi yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2019 telah terlewatkan beberapa bulan yang lalu akan tetapi ini bukan mengurangi dari makna perayaan tersebut yang mana pada tahun ini sudah berusia 72 tahun.

Beliau juga berharap ke depan perayaan hari koprasi bukan lagi di gedung-gedung melainkan di desa yang memiliki koperasi-koperasi yang berprestasi, yang dimana koperasi ini bertujuan untuk mensejahterakan rakyat.

Sementara itu Bupati Asahan H Surya Bsc dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten II Pemerintahan mengatakan Koperasi adalah salah satu organisasi kelembagaan perekonomian rakyat yang turut berperan dalam membangun perekonomian di Indonesia berkat usaha dan perjuanagan kita dalam bersosial membangun koperasi ini kita dapat membantu perkembangan ekonomi khususnya di kabupaten Asahan.

“ Saya mengucapkan selamat hari Koperasi Nasional kepada seluruh pelaku yang terjun kedalam dunia perkoperasian saudara adalah sumber daya untuk perkembangan perekonomian rakyat, tanpa saudara mungkin koperasi ini tidak akan berdiri sampai sejauh ini,” katanya.
 
Ia menyebutkan sesuai dengan thema peringatan HUT Koperasi tahun 2019 ini, sangat penting karena mengandung makna dalam era teknologi, era globalisasi dan era milineal perubahan –perubahan terjadi begitu sangat cepat, oleh sebab itu koperasi diharapkan mampu menghadirkan tantangan baru.
 
Di dunia perkoperasian tidak hanya sekedar cara berbisnis dengan pemamfaatan perkembangan teknoloogi informasi namun menyangkut persooalan minset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistim yang sudah berjalan selama ini diharapkan gerakan koperasi mempunyai kreatifitas dan inovasi untu menata organisasi dan strategi sudah saatnya memamfaatkan teknologi digital dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya.
 
Kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan dan trophy yang di serahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kab. Asahan dan Asisten II dan III kepada koperasi berprestasi sebanyak 18 unit koperasi, dan pemenang lomba tangkas terampil koperasi tingkat SMA .
 
(Nes)

Post a Comment

Disqus