Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com
- Asisten I Pemprov Sumut membuka secara resmi Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR-PMI Provinsi Sumatera Utara ke IV Tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Bola Bunut, Kel. Bunut Kecamatan Kota Kisaran Barat, Rabu, (02/10/2019).

Kegiatan pembukaan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 ini dimeriahkan dengan depile yang diikuti oleh 25 kontingen berjumlah 1725 orang yang terdiri dari 19 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara dan 1 Kota dari luar Provinsi Sumatera Utara yakni Kota Lhoksmawe Provinsi Nanggore Aceh Darusalam.

Ketua Panitia Dr. M. Fitri Ramadhana SE MSi pada laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 ini diadakan selama 6 hari yang dimulai sejak tanggal 01 Oktober hingga 06 Oktober 2019.

Diakhir laporannya Ketua Panitia mengucapkan terima kasih Kepada Asisten I Pemerintahan Setdaprov Sumatera Utara, Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara, Bupati Asahan, Ketua DPRD Kab. Asahan, Kasdim 0208 Asahan, PT Bakrie Kisaran, OPD, OKP dan tamu undangan yang telah hadir dalam pembukaan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019.

Sementara Ketua PMI Kab. Asahan Armen Margolang, SP mengatakan pada sambutannya, dengan kegiatan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota/kader PMI dan PMR yang ada di Sumatera Utara.

Beliau juga mengatakan, selaku tuan rumah dalam pelaksanaan Jumbara ini, kami akan menjadi tuan rumah yang baik dan akan meninggalkan kesan yang indah bagi para peserta Jumbara.

Kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kab. Asahan, beliau mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan kepada PMI dan PMR khususnya PMI dan PMR Kab. Asahan.

Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya mengatakan Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan bagi anggota remaja PMI, PMI terdapat di kabupaten dan Kota diseluruh Indonesia . Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusian dibidang kesehatan dan siaga bencana, sekaligus juga berfungsi mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Thema kegiatan Jumbara kali ini “ Menempa generasi Emas PMI Sumut yang berkopetnsi dan berkarekter melaluii kegiatan ini diharapkan akan lahir relawan –relawan muda PMI yang memiliki karakter dan berkompetensi yang handal,”

Ia menyebutkan Jumbara merupakan bentuk pembinaan dan pembinaan berkesinambungan bagi generasi muda Jumabara di kemas untuk mempertemukan para relawan-relawan muda dan berbagai tingkatan untuk sama-sama belajar, bertukar  pengalaman , memantau dan mengevaluasi proses pembinaan yang selama ini berjalan.

Jumbara dilaksanakan menikuti kebutuhan remaja yang didalamnya terdapat berbagai pembinaan mulai dari penguatan pengetahuan serta keterampilan sikap serta rasa peduli terhadap sesama melalui bakti sosial di masyarakat.

 

Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Rahmat Shah dalam sambutannya mengatakan Palang Merah Indonesia sangat menghargai dan memberikan apresiasi terhadap para anggota PMR yang telah bergabung sebagai anggota PMI serta mendedikasikan dirinya dalam bentuk kerja kemanusian sebagai wujud dari Tri Bakti Palang Merah Remaja.

Hal tersebut untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai relawan masa depan dan menempa karakter anggota PMR tersebut maka dibutuhkan berbagai upaya yang harus dilakukan, salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan Jumbara PMI diberbagai level termasuk provinsi.

Dengan peningkatan kualitas  SDM, Katanya, maka pelayanan PMI dalam berbagai kegiatan kemanusiaan seiring dengan promosi prinsip-prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah akan semakin menguat dimasa yang akan datang. Jumbara ini merupakan wujud pembinaan dan pengembangan yang kemudian diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan karakter dalam mewujudkan cita-cita dan semangat pengabdian untuk menolong sesama manusia bekal berbakti serta melayani dengan penuh ketulusan dan keikkhlasan.

Ia menyebutkan Jumbara sendiri memiliki makna bahwa seluruh anggota PMR berjumpa untuk saling berbagi pengetahuan, keterampilan sikap dan pengalaman serta menjalin persahabatan .

“ Saya menilai kegiatan ini sangat positif untuk membentuk karakter generasi muda terutama anggota anggota PMR sebagai penerus bangsa, yang pada saatnya nanti sebagai penerus pembangunan bangsa,” katanya.

“ Untuk seluruh anggota PMR yang ada di Sumut tetaplah terus berkarya dan mengabdikan diri pada bangsa ini, kalian semua sudah berada di jalur yang tepat, maka tekuni dan resapi segala ilmu, wawasan dan pengalaman yang didapat dari PMR untuk kemaslahatan diri dan sesama manusia,” tambahnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumut, Pemerintah Kota/ Kabupaten sesumtera utara yang telah banyak memberikan bantuan dan dukungan kepada PMI .
“ Insya Allah kami akan selalu amanah untuk menjalankan apa yang telah diberikan kepada kami,” katanya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar PMI atas dedikasinya dalam memberikan pelayanan kemanusian kepada masyarakat.

Setelah mengakhiri sambutannya Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara, Asisten I Pemerintahan, Bupati Asahan dan Ketua PMI Kab. Asahan menyerahkan tenda bantuan dari PMI Kab. Asahan secara simbolis kepada sekolah-sekolah PMR se-Kab. Asahan (Sekolah yang menerima secara simbolis Mas Daerah Simpang Empat) sekaligus menyerahkan hadiah kepada Bayu Putra Hamdala (PMR Unit 054 SMK Negeri 1 Beringin Deli Serdang) pemenang logo PMI.

Selanjutnya Wakil Gubernur Sumatera Utara dalam pidato tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten I Pemerintahan Setdaprov Sumatera Utara Drs. Jumsadi Damanik, SH, MHum pada saat menjadi Pembina Upacara Pembukaan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 menyampaikan PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan bagi anggota remaja PMI. 

PMI ini, katanya, terdapat di kabupaten/Kota diseluruh Indonesia, anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan –kegiatan manusia dibidang kesehatan dan siaga bencana, sekaligus juga berfungsi mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Dikatakannya, Jumbara memiliki makna berarti peserta berjumpa untuk saling berbagi pengetahuan, keterampilan, sikap dan pengalaman serta menjalin persahabatan dan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan yang didalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yaitu perlombaan,bakti sosial dan pentas budaya.

“ Saya mengharapkan dengan kegiatan Jumbara ini dapat membina generasi muda dalam pengalaman nilai-nilai agama, pengamalan Pancasila, memasyarakat VISI Misi PMI, memacu sportifitas dalam berlomba dan memasyarakatkan PMI dikalangan remaja,” katanya.

Remaja, katanya, merupakan penerus bangsa dan kegiatan ini sangat positif dalam membentuk karakter generasi muda kita yang pada saatnya nanti sebagai penerus pembangunan dan melalui PMR para peserta Jumbara akan menerima bekal berharga untuk kehidupan bukan saja b erupa pengetahuan teknis untuk melaksanakan tugas ke Palangmerahan (soft skill), team work dan sebagainya maka tekuni dan tekuni dan resapi segala ilmu, wawasan dan pengalaman yang didapat dari PMR untuk kemaslahatan diri sesama.

“ Saya mengucapkan selamat dan sukses atas dilaksanakannya kegiatan Jumbara PMR ke IV di kabupaten Asahan, mari kita jadikan Jumbara PMR ke IV kali ini sebagai momentum untuk menjunjung tinggi solidaritas dan memperkuat soliditas keluarga besar PMI pada umumnya dan PMR pada khususnya,” katanya.

Pada upacara pembukaan Jumbara ini Pembina Upacara menyematkan tanda peserta Jumbara PMR dan PMI Provinsi Sumatera Utara-IV 2019

Diakhir Kegiatan Asisten I Pemerintahan Setdaprov Sumatera Utara, Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara, Bupati Asahan, Ketua PMI Kab. Asahan dan tamu undangan melakukan pelepasan balon menandakan pembukaan Jumbara PMI dan PMR Provinsi Sumatera Utara-IV 2019 telah dibuka.
 
(Nes)

Post a Comment

Disqus