Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


LABUHANBATU, Realitasnews.com - Lebih dari 800 pelajar dari tingkat TK hingga SLTA,  Institusi Pemerintah, Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan di Kabupaten Labuhanbatu menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) Labuhanbatu di Taman Anak Binaraga Rantauprapat, Selasa (10/9/2019).

Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe juga menghadiri kegitan tersebut didampingi ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe.

" Seluruh anak-anak Labuhanbatu adalah mutiara yang harus bersinar, diharapkan dapat membanggakan orang tua, keluarga, dan juga Kabupaten Labuhanbatu, semoga anak-anak ini nantinya bisa bersinar menerangi bumi Ika Bina En Pabolo yang kita cintai ini," kata Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T,M.T dalam sambutannya.

" Semoga moment peringatan HAN ini dapat menyadarkan diri kita bagaimana merawat serta mendidik anak untuk kelangsungan hidup yang lebih baik," tambahnya.

Plt Bupati Labuhanbatu pada kesempatan itu mengabulkan permohonan  Forum Anak Labuhanbatu (FAL) untuk memiliki Kantor sebagai wadah untuk bersosialisasi, berinovasi dan membuahkan karya-karya terbaik anak-anak Labuhanbatu.

" Saya menginginkan anak-anak Labuhanbatu yang berprestasi, maka kita secara bersama-sama terus berupaya melakukan langkah-langkah dan upaya untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak melalui Kabupaten Layak Anak (KLA) sebagai langkah konkrit untuk percepatan pembangunan menuju Indonesia Layak Anak atau IDOLA, yaitu Indonesia dengan Kabupaten dan Kota yang memenuhi hak-hak anak yang terdiri atas hak terhadap sipil dan kebebasan, hak terhadap lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak terhadap kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak terhadap pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta hak atas perlindungan khusus," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) Dra. Hj. Ernida Rambe, M.M, dalam laporannya menjelaskan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran, dan peran aktif individu, keluarga, masayarakat, dunia usaha, media, pemerintah, dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak.

Di sela-sela kegiatan Hari Anak Nasional, Kabid Perlindungan Anak Tuti Novrida Ritonga. S.Si, APT. M.M, menyampaikan bahwa harapan dan keinginan besar Bupati Labuhanbatu dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Labuhanbatu, seoptimal mungkin terus kita kerjakan dan merangkul elemen masyarakat, media serta bekerjasama yang baik dengan Instansi/Lembaga/Departemen terkait.

"Kita tidak bisa berdiri sendiri dan berbuat sendiri, tetapi wajib bekerjasama dan sama-sama bekerja sehingga Kabupaten Labuhanbatu Layak Anak dapat kita wujudkan secara bersama-sama sebagai langkah konkrit dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Labuhanbatu"

Pemenuhan hak anak dan perlindungan anak, sangat luas cakupan yang harus kita kerjakan bersama, misalnya penyiapan perumusan kebijakan pemenuhan hak anak terkait hak sipil, informasi dan partisipasi, pengasuhan, keluarga dan lingkungan, kesehatandan kesejahteraan serta pendidikan, kreativitas dan kegiatan budaya; penyiapan koordinasi dan sinkronisasi penerapan kebijakan pemenuhan hak anak terkait hak sipil, informasi dan partisipasi, pengasuhan, keluarga dan lingkungan, kesehatandan kesejahteraan serta pendidikan, kreativitas dan kegiatan budaya; penyiapan pelembagaan pemenuhan hak anak pada lembaga pemerintah, non pemerintah, dan dunia usaha; penyiapan penguatan dan pengembangan lembaga penyedia layanan peningatan kualitas hidup anak; dan pemantauan, analisis, evaluasi dan pelaporan penerapan kebijakan pemenuhan hak anak terkait hak sipil, informasi dan partisipasi, pengasuhan, keluarga dan lingkungan,kesehatan dan kesejahteraan serta pendidikan, kreativitas dan kegiatan budaya.

Kesemua itu akan ditangani seksi-seksi pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yaitu Seksi Pengasuhan Pendidikan dan Budaya, Seksi Hak Sipil, Informasi dan Partisipasi, Seksi Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan.

Selanjutnya  Bupati Labuhanbatu menekankan, kegiatan Hari Anak Nasional ini, jangan sekedar seremonial saja, tetapi kita harus bisa mengambil suatu hikmah dan pelajaran, apa tujuan dari peringatan hari anak tersebut.

"Jadilah anak yang sehat dan berprestasi, untuk membanggakan dan mengharumkan nama Kabupaten Labuhanbatu".

Ketua Forum Anak Daerah Kabupaten Labuhanbatu Periode 2019-2021 Raja Yusuf Siregar berasal dari sekolah SMK Siti Banun menyampaikan, bahwa forum anak telah ada sejak 6 tahun terakhir, dimana forum ini pertama kali dibentuk pada tanggal 29 November 2013.

Belia juga mengajak untuk mewujudkan anak Labuhanbatu yang gembira, ceria, kreatif dan inovatif serta diakui hak-haknya untuk tumbuh dan berkembang, pembangungan di daerah ini bukan hanya membutuhkan aspirasi orang dewasa, namun juga harus membutuhkan aspirasi anak demi terwujudnya Kabupaten Layak Anak.

(Red/Jan)

Post a Comment

Disqus