Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



SERGAI, Realitasnews.com  – Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya mengapresiasi peran serta TNI dalam keberhasilan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), di mana TNI merupakan mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program sehingga dapat menekan angka kelahiran di Indonesia, yang akan berdampak terhadap peningkatan di bidang kesehatan, pendidikan dan perekonomian.

“ Jika Harganas memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dalam kerangka ketahanan keluarga, dan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan 8 fungsi keluarga yang terdiri dari agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial dan budaya serta lingkungan,” kata Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya saat menghadiri kegiatan Bhakti Sosial TNI Manunggal Keluarga Berencana – Kesehatan (KB-Kes)  dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Bola Kaki Kebun Adolina Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan, Sergai, Selasa (6/8/2019).

Ia menyebutkan sangat menyambut baik atas digelarnya kegiatan tersebut dengan harapan akan menghasilkan formula yang dapat mendorong terwujudnya ketahanan

Kegiatan itu mengusung thema “ Hari Keluarga, Hari Semua” dengan tagline “cinta keluarga, cinta terencana.”

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar ST, Perwakilan Polres Sergai dan Tebingtinggi, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kepala BPS Sergai  Herman, SE, M.Si, Camat dan Kepala Desa se-Sergai, dan Pengurus Andalan Kelompok UPPKS (AKU) Provinsi Sumut.


Kepala BKKBN Perwakilan Sumut Drs. Temazaro Zega M.Kes dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati bersama seluruh jajaran Pemkab Sergai yang telah memberikan dukungan nyata dalam mensukseskan program KKBPK.

Peringatan Harganas diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia untuk terus menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.

Sementara itu, Dandim 0204/DS Letkol Letkol KAV Syamsul Arifin SE MTr (Han) mengatakan bahwa kegiatan bhaksos ini dapat mensosialisasikan secara luas program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. “Program ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, agar seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi.

Sedangkan Ketua Umum, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0204/DS Lettu Kav. Sudirno mengatakan bahwa ada empat poin kegiatan pencanangan bhaksos  TNI Manunggal KB-Kes yaitu melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), home visit KB bagi masyarakat Kec. Perbaungan, melakukan pelayanan KB dengan Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) selama 3 bulan bhaksos TNI-KB Kes (Bulan Juli s/d September 2019), melakukan pelayanan KB Kesehatan Umum Gratis dan Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR).

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Temu Ramah Keluarga, Hj. Marliah Soekirman dalam laporanya menyampaikan Harganas meningkatkan peran serta pemerintah, pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta tentang pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

Pada kegiatan yang sama dilakukan juga prosesi pelantikan kepengurusan AKU Sergai, kepengurusan AKU di Sergai ini menjadi yang pertama di Sumut.

Pada kegiatan itu juga dilakukan pemberian pengharagaan kepada para pemenang lomba pelaksanaan bhaksos TNI Mangunggal KB-Kes dan dalam rangka Hari Keluarga Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2019.
( Red/Jan)

Post a Comment

Disqus