Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


LABUHANBATU, Realitasnews.com – Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran warga Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksanakan di Halaman Vihara Jayanthi Sei Berombang Kamis, (13/6/2019).

Turut hadir dalam penyerahan bantuan itu Sekdakab Labuhanbatu, Kepala Per-Bankan, Para Asisten, Kepala OPD dan Pengurus Lions Club Rantauprapat.

Dalam sambutannya Plt Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe mengatakan kunjungannya ini merupakan yang kedua kalinya, peristiwa kebakaran kemarin telah menelan korban jiwa empat orang dan menghanguskan puluhan rumah, tempat usaha.

Plt Labuhanbatu mengatakan sebagai Kepala Daerah akan terus memantau dan memperhatikannya.

Ia mengatakan akan mempermudah semua urusan untuk membangun rumah atau tempat usaha para korban musibah kebakaran, seperti IMB, korban hanya membayar retribusi yang lainnya semua digratiskan serta syarat-syarat yang diperlukan untuk urusan ke bank maupun urusan sertifikat, KK dan KTP.

“ Saya sudah perintahkan camat untuk segera membuat surat-surat seperti KK, KTP warga yang menjadi korban kebakaran dan memerintahkan Dinas Pendidikan untuk mengurus ijazah seluruh korban yang hangus terbakar,” katanya.

Selain itu, Plt Bupati Labuhanbatu juga menyebutkan telah berkordinasi kepada pihak Perbankan untuk memberikan keringanan jika ada korban yang mengajukan pinjaman atau kredit untuk membangun rumah.

“ Sertifikatnya nanti diurus belakangan karena saya berharap secepat mungkin pembangunan rumah ini bisa kita laksanakan,” katanya.

Plt Bupati Labuhanbatu juga mengharapkan agar bantuan dari Provinsi maupun dari Pusat dapat segera diluncurkan agar dapat digunakan untuk membangun rumah para korban.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu, Sofyan Effendy Harahap.SP mengatakan bantuan yang diserahkan Pemkab Labuhanbatu untuk korban kebakaran warga Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir yang terjadi pada tanggal 5 Juni 2019 lalu adalah bantuan uang tunai sebesar Rp.150 juta,-  untuk pengadaan material bahan bangunan untuk 30 rumah masing-masing senilai Rp. 5 juta per-rumah, kemudian bantuan untuk korban yang meninggal dunia sebesar Rp 30 juta untuk 4 jiwa masing-masing keluarga korban menerima Rp.7,5 juta.
 
Para ASN Pemkab Labuhanbatu juga memberikan bantuan dari Setdakab Labuhanbatu, para Asisten, para Staf Ahli, para OPD dan staf, para Kabag bantuan itu terkumpul sebanyak Rp 26.362.000 disalurkan untuk 45 Kepala Keluarga (KK).
 
Pihak Bank Sumut Cabang Rantauprapat juga memberikan bantuan untuk 45 KK tersebut sebesar Rp 10 juta,- 

Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kabupaten Labuhanbatu juga memberikan bantuan diantaranya 800 Kg, pihak Lions Club Rantauprapat sebesar Rp.7 juta,-

Bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu untuk anak sekolah sebesar Rp.50 juta,-  dan bantuan dari BRI untuk 45 KK yaitu beras sebanyak 50 karung, minyak goreng sebanyak 50 bungkus, gula putih sebanyak 50 bungkus dan mie instans sebanyak 50 kotak.

“ Jadi total bantuan yang diserahkan hari ini sebesar  Rp 277 juta,-,” katanya.

Selain itu, katanya, Plt Bupati Labuhanbatu, pada tanggal 6 Juni 2019 lalu juga telah memberikan bantuan beras sebanyak 1.350 kg untuk 45 KK dan per-KK masing-masing menerima 30 Kg, kemudian Mie Instans sebanyak 45 kotak, gula putih 225 Kg, bubuk teh 45 kotak dan kain sarung sebanyak 45 helai.

Plt Camat Panai Hilir Hadmansyah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diserahkan oleh Pemkab Labuhanbatu. 

Ia juga menyebutkan bahwa salah seorang pengusaha yang enggan menyebutkan namanya memberikan bantuan kepada para korban sebesar Rp.300 juta,- untuk membantu 30 rumah korban dan setiap Kepala Keluarga mendapat bantuan sebesar Rp  6,5 juta,- 

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh para donatur, OPD maupun Perbankan yang telah memberikan bantuannya kepada para korban.
 
(Red/Jan)

Posting Komentar

Disqus