Ads (728x90)



Dilihat 0 kali



ASAHAN, Realitasnews.com
  – Ribuan masyarakat kabupaten Asahan menyaksikan penutupan  Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Asahan ke 49 yang digelar di lapangan Serba Guna Kecamatan Meranti, Asahan,  Sumut  pada Jumat malam 20  April 2018.
Penutupan MTQ ini dilakukan oleh Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang yang diwakili oleh  Wakilnya, H Surya Bsc.

Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc, Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang mengatakan agar kegiatan MTQ ini tidak saja sebagai ajang perlombaan  atau sebagai kegiatan seremonial saja melainkan kegiatan MTQ ini dijadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan pemahaman,  penghayatan serta pengamalan isi kandungan Al Quran untuk selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu, katanya, sangat perlu demi mewujudkan visi dan misi kabupaten Asahan menjadikan masyarakatnya yang Reliqius, Sehat,  Cerdas dan Mandiri.

“ Kegiatan MTQ ini juga menjadi media dakwah dan syiar keagaaman yang efektif untuk menekan perilaku negatif yang ada di tengah tengah masyarakat, seperti narkoba, judi, miras dan kriminal lainnya,” tegasnya.


Pada kesempatan itu Wakil Bupati Asahan, H  Surya Bsc juga berpesan agar bagi peserta yang belum berhasil juara supaya tidak patah semangat  namun semakin giat untuk belajar agar kedepan dapat menoreh prestasi yang lebih baik.

Wabup Asahan juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dewan Hakim dan seluruh panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan MTQ ini dengan sukses.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara MTQ ke 49 tahun 2018 kabupaten Asahan, Taufik Zainal Abidin  S.Sos M.Si dalam laporannya mengatakan  kegiatan MTQ tahun ini memperlombakan 5 cabang Tilawah Hifzil fahmil, Syarhil, Kahhtil Quran.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Asahan ini menyebutkan kegiatan  MTQ ke 49 yang digelar selama 5 hari dari tanggal 16 April 2018 hingga 20 April 2018 ini, diikuti dari 25 Kecamatan dengan total peserta 708 orang : cabang tilawah 200 orang (dewasa, remaja, anak-anak putra/putri), cabang tahfiz 115 orang (30 juz, 20 juz, 10 juz, 5 juz dan 1 juz), cabang fahmil putra 24 grup, fahmil putri 22 grup, cabang syarhil putra 23 group, syarhil putri 23 group, cabang khattil 120 orang (tulisan naskah, dekorasi dan hiasan mushaf).


 
Ia mengatakan bagi peserta yang mendapat predikat terbaik mendapatkan piagam penghargaan, trophy dan uang tunai.

 “ Khusus untuk juara 1 Tilawah, golongan dewasa putra dan putri serta juara 1 cabang Hifzil 30 juz golongan putra dan putri Pemerintah Asahan akan memberikan bantuan ONH ke tanah suci Makkah,” katanya disambut riuh tepuk tangan oleh penonton.

Sebagai Juara Umum untuk kegiatan  MTQ ke 49 tingkat Kabupaten Asahan tahun 2018 ini diraih oleh Kecamatan Buntu Pane disusul Sei Kepayang, Tanjungbalai dan Air Batu.

Usai pemenang dalam MTQ ini dibacakan,  Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc menyerahkan hadiah trophi kepada para pemenang didampingi unsur FKPD Kabupaten Asahan.

Penutupan  MTQ ini juga dihadiri oleh ketua MUI, unsur FKPD, Ketua Imtaq, para OPD Pemkab Asahan, para Camat, Lurah dan tokoh masyarakat kabupaten Asahan.

(NES)

Post a Comment

Disqus